Rabu, 10 Februari 2010

Sistem Informasi Eksekutif

Eksekutif adalah orang yang identik dengan orang yang menduduki puncak - puncak kepemimpinan dalam perusahaan. Dalam posisi ini mereka lebih menitik beratkan pada keputusan - keputusan yang berhubungan dengan pembuatan rencana jangka panjang, peningkatan usaha perusahaan dan menyelesaikan masalah yang belum diantisipasi. Sebagai seorang eksekutif mereka mendapatkan laporan dari para manager yang bertindak sebagai mata dalam perusahaan mereka dan dari laporan tersebuat mereka akan menjadi eksekutor.

Apa yang dilakukan oleh para eksekutif meurut John P. Kotter seorang proffesor dari harvard dibagi menjadi 3. pertama menetapkan agenda, yaitu tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Agenda jangka panjang cenderung bersifat estimasi. Isi agenda antara lain jenis produk yang semestinya dijual perusahan dalam jangka waktu lima atau sepuluh tahun mendatang, pangsa pasar atau target pasar yang harus dicapai. Kedua membuat jaringan hubungan kooperatif diantara orang yang akan menjalankan agenda tersebut. ketiga menetapkan lingkungan norma dan nilai yang benar dalam perusahan, sehingga anggota jaringan dapat bekerja untuk mencapai sesuai yang di agendakan.

keputusan yang di lakukan oleh eksekutif harus bersifat rasional. dimulai dari pendefinisian masalah, pengimplementasian pemecahan lalu akan balik lagi menuju evaluasi masalah. Keputusan harus matang dan berdasarkan data - data yang lengkap tapi bukan hanya itu, terkadang seorang eksekutif harus terjun langsung ke lapangan dan berinteraksi langsung dengan bawahan. Dengan begitu dia akan lebih mudah dalam menyelesaikan masalah - masalah yang datang tanpa di duga atau tidak berada dalam perencanaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar